Sabtu, 13 Februari 2016

Sikap Belajar

Sikap
Definisi sikap menurut bebeapa ahli,
• Attitude merupakan status mental seseorang (Spencer, 1862)
• Sikap merupakan bentuk evaluasi atau reaksi perasaan (Osgood, dkk, 1928)
• Sikap merupakan respons terhadap stimuli sosial yang tlah terkondisikan (LanPierre, 1934)
• Sikap merupakan keteraturan tertentu dalam hal ersaan (afeksi), pemikiran (kognisi), dan predisposisi (konasi) seseorang terhadap suatu aspek di lingkungan sekitarnya (Secord and Backman, 1964.
• Menurut Trow, Sikap adalah suatu kesiapan mental atau emosionnal dalam beberapa jenis tindakan pada situasi yang tepat.
• Allport, mengemukakan bahwa sikap adalah suatu kesiapan mental dan syaraf yang tersusun melalui penglam dan memberikanpengaruh langsung kepada respons individu terhadap semua objek atau situasi yang berhubungan dengan objek itu. Sikap tidak muncul seketika atau dibawa lahir, tapi disusun dan dibentuk melalui pengalamn serta memberi pengaruh langsung pada respon seseorang.
• Wayne Harlen, mengemukakan bahwa sikap merupakan kesiapan dan kecenderungan seseorang untuk bertindak dalam menghadapi suatu objek atau situasi tertentu.
• Azwar (2000 : 6) mengatakan bahwa sikap adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri, orang lain, obyek atau isue. Menurut Azwar contoh sikap peserta didik terhadap objek misalnya sikap terhadap sekolah atau terhadap mata pelajaran. Sikap peserta didik terhadap mata pelajaran harus lebih positif setelah peserta didik mengikuti pembelajaran dibanding sebelum mengikuti pembelajaran. Perubahan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Untuk itu pendidik harus membuat rencana pembelajaran termasuk pengalaman belajar peserta didik yang membuat sikap peserta didik terhadap mata pelajaran menjadi lebih positif.
Menurut ilmu psikologi sikap merupakan pola raksi individu terhadap sesuatu stimulus yang berasal dari lingkungan. Sikap (Attitude) dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan untuk berekasi terhadap suatu hal orang atau benda dengan suka, tidak suka atau acuh tak acuh. Sikap merupakan suatu kencenderungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap suatu objek. Sikap dapat dibentuk melalui cara mengamati dan menirukan sesuatu yang positif, kemudian melalui penguatan serta menerima informasi verbal.
Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan, sikap adalah kecenderungan untuk bertindak berkenaan dengan objek tertentu . sikap bukan tindakan nyata (overtbehavior) melainkan masih bersifat tertutup (covertbehavior).Dari semua pengertian yang di ungkapan di atas dapat diambil sebuah pengertian tentang sikap, yaitu sikap adalah penilaian seseorang terhadap suatu obyek, situasi, konsep, orang lain maupun dirinya sendiri akibat hasil dari proses belajar maupun pengalaman di lapangan yang menyatakan rasa suka (respon positif) dan rasa tidak suka (respon negatif). Sikap merupakan salah satu tipe karakteristik afektif yang sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar